Bimtek Pengelolaan Keuangan Puskesmas Menuju BLUD

Bimtek Pengelolaan Keuangan Puskesmas Menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam mengelola keuangan puskesmas sebagai persiapan menuju status BLUD. Berikut adalah beberapa poin yang dapat menjadi acuan dalam bimtek tersebut:

1. Pengenalan Konsep BLUD

  • Memberikan pemahaman tentang konsep, tujuan, dan kebijakan yang mendasari pendirian BLUD sebagai upaya peningkatan pelayanan di puskesmas.

2. Perencanaan Keuangan Puskesmas

  • Membahas langkah-langkah dalam perencanaan keuangan puskesmas, termasuk penyusunan anggaran, proyeksi pendapatan, dan pengaturan belanja.

3. Pengelolaan Anggaran Puskesmas

  • Menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan anggaran puskesmas, termasuk pengadaan barang dan jasa, pengawasan pengeluaran, dan pengendalian keuangan.

4. Pengelolaan Pendapatan Puskesmas

  • Membahas strategi pengelolaan pendapatan puskesmas, seperti pengelolaan penerimaan iuran, pemungutan tarif pelayanan, dan pemanfaatan sumber pendapatan lainnya.

5. Pengendalian dan Audit Keuangan Puskesmas

  • Menjelaskan pentingnya pengendalian dan audit keuangan dalam memastikan transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan keuangan puskesmas.

6. Penyusunan Laporan Keuangan Puskesmas

  • Mengajarkan cara menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi dan peraturan yang berlaku untuk BLUD.

7. Manajemen Risiko Keuangan Puskesmas

  • Membahas identifikasi, evaluasi, dan pengelolaan risiko keuangan yang terkait dengan operasional puskesmas, termasuk risiko keuangan, operasional, dan reputasi.

8. Pengawasan dan Penegakan Hukum dalam Pengelolaan Keuangan Puskesmas

  • Menyampaikan pentingnya pengawasan dan penegakan hukum dalam menjaga integritas dan kepatuhan dalam pengelolaan keuangan puskesmas.

Bimtek ini sebaiknya melibatkan narasumber yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan keuangan puskesmas, BLUD, dan kebijakan terkait. Metode pembelajaran yang interaktif, seperti presentasi, diskusi, studi kasus, dan simulasi, dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengelola keuangan puskesmas menuju status BLUD.